PERUMAHAN NASIONAL 2012


Koran Jakarta. JAKARTA - Perum Perumnas menargetkan akan membangun 12 ribu unit rumah bagi pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Target itu merupakan porsi yang diambil dari rencana pembangunan 25 ribu unit rumah oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) pada 2012.

Direktur Korporasi dan Pertanahan Perumnas Sunardi mengatakan jumlah tersebut adalah target minimal yang ditetapkan Perumnas dari total yang ditetapkan Bapertarum-PNS.  "Paling tidak, kami bangun 12 ribu unit dari target 25 ribu itu. Kalau jumlah tagetnya bertambah, maka yang akan kami bangun mungkin bisa mencapai 20 ribu," kata Sunardi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan pada tahun ini pihaknya telah membangun 500 unit rumah tipe 27/180 dengan lokasi di Tarakan, Kalimantan Timur (Kaltim). Rumah dengan harga per unit 55 juta rupiah dan dibangun di Kelurahan Juata Permai, Kecamatan Tarakan Utara, itu diperuntukkan bagi PNS di Kota Tarakan.  "Selain itu, kami juga tengah merencanakan pembangunan 60 unit rumah tipe 36/70 seharga 70-an juta dan 75-an juta rupiah di Solo melalui Perum Perumnas Regional V Cabang Solo yang terletak di Perum Bumi Wonorejo Indah, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar," tambah Sunardi.

Menurut dia, pihaknya juga, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Bulungan, membangun 1.000 rumah untuk tahap awal bagi PNS di Bulungan. Untuk tahap awal akan ada 1.000 rumah yang dibangun bagi PNS yang belum memiliki rumah sendiri. Kisaran harga rumah yang akan dibangun di Bulungan mulai 70 juta rupiah ke atas dengan tipe minimal 36.